07 Agu 2020

INFORMASI REGISTRASI SEMESTER GANJIL TA 2020/2021

I. Sesuai Kalender Pendidikan dan Aturan Akademik Universitas Telkom, berikut ini jadwal kegiatan-kegiatan yang terkait dengan Registrasi Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 :

A. Pembayaran BPP :

  1. Masa Pembayaran : 06 Juli 2020 s.d. 15 Agustus 2020
  2. Pembayaran Biaya Pendidikan (BPP) melalui Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BJB.
  3. Tata cara Pembayaran Biaya Pendidikan Universitas Telkom, perwalian serta registrasi dilaksanakan sesuai dengan panduan registrasi yang terdapat pada Lampiran-1, tersedia di laman : https://bit.ly/PetunjukBayarTel_U atau https://bit.ly/bayarmalatelu

B. Perwalian dan Input Mata Kuliah :

  1. Perwalian dan Input Mata Kuliah : 10 s.d. 15 Agustus 2020.
  2. Jadwal awal akses input mata kuliah adalah sebagai berikut :
     Mulai Pk. 08.00Mulai Pk. 14.00
    10 Agustus 2020Angkatan 2019Angkatan 2018
    11 Agustus 2020Angkatan 2017Angkatan 2016
    12 Agustus 2020Angkatan 2015 & 2014Angkatan 2013
  3. Batas akhir Cetak Kartu Studi Mahasiswa (KSM) : 15 Agustus 2020.

C. Perubahan Rencana Studi (PRS) : 14 s.d. 18 September 2020
D. Awal Perkuliahan : 7 September 2020
E. Batas akhir pengajuan cuti akademik : 18 September 2020

II. Keseluruhan mahasiswa wajib mentaati ketentuan registrasi tersebut, serta melakukan proses registrasi hingga mencetak KSM berupa print-out (pdf). Registrasi melebihi jadwal registrasi yang ditetapkan (point B.1 atau B.2) dikenakan konsekuensi sesuai ketentuan. Mahasiswa yang tidak melakukan atau tidak menyelesaikan registrasi hingga akhir masa PRS, dianggap mangkir dan dikenakan biaya denda mangkir sesuai dengan ketentuan yang berlaku (Pedoman Akademik pasal 48).

 

PANDUAN REGISTRASI

Ketentuan Umum Registrasi

  1. Registrasi adalah rangkaian proses Pembayaran Biaya Pendidikan, Input mata kuliah, Perwalian hingga cetak Kartu Studi Mahasiswa (KSM)
  2. Mahasiswa diwajibkan memastikan proses registrasi hingga mencetak KSM sebagai arsip bukti registrasi.
  3. Kelalaian/keterlambatan registrasi di luar jadwal, akan berakibat dikenakan sanksi sesuai ketentuan, dan diwajibkan melakukan pengurusan permohonan melalui dosen wali dan Ketua Program Studi yang mana permohonan tersebut dapat disetujui atau tidak disetujui.
  4. Keterlambatan registrasi yang melampaui masa berakhirnya PRS akan berakibat penetapan sebagai mahasiswa non aktif serta dikenakan sanksi mangkir dan biaya denda mangkir sesuai dengan Aturan Akademik Universitas Telkom.

 

Ketentuan Khusus Registrasi Mahasiswa

  1. Pembayaran biaya pendidikan melalui Bank dilakukan sebelum input mata kuliah.
  2. Pencetakan KSM dilakukan otomatis oleh i-Gracias setelah dosen wali melakukan approval rencana studi, mahasiswa dapat mencetak print-out KSM sebagai arsip bukti registrasi.

 

Perwalian

  1. Perwalian dilaksanakan apabila mahasiswa telah melakukan input pengambilan mata kuliah dan mendapatkan persetujuan dosen wali secara online. Setelah disetujui dosen wali melalui iGracias, mahasiswa tidak dapat membatalkan mata kuliah.
  2. Sesuai aturan pasal 41 mengenai perwalian, bahwa perwalian tatap muka diwajibkan minimal 3 (tiga) kali dalam 1 (satu) semester. Perwalian tatap muka tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan metode
  3. Untuk pengambilan mata kuliah pada tingkat yang sesuai angkatan mahasiswa (bukan mata kuliah ambil atas atau ambil bawah) harus sesuai dengan kelas asalnya.
  4.  Pengambilan mata kuliah didasarkan pada prioritas penyelesaian kelulusan tingkat, yang dapat dikonsultasikan dengan Dosen Wali.

 

Perubahan Rencana Studi (PRS)

  1. Mahasiswa hanya diperbolehkan melakukan drop matakuliah melalui ijin (ACC) Dosen Wali
  2. Penambahan/Penukaran MK hanya dapat dilakukan untuk menghindari bentrok jadwal MK yang tidak dapat dihindari, melalui persetujuan Ketua Program Studi
  3.  Mahasiswa wajib mencetak KSM kembali setelah melakukan PRS.

 

Pengajuan Cuti Akademik

  1.  Mekanisme pengajuan : mengisi dan melengkapi persyaratan sesuai formulir cuti akademik di iGracias, mencetak formulir dan   melengkapi tandatangan, melakukan upload kembali di iGracias disertai dokumen lain yang dipersyaratkan, dan menyerahkan berkas asli lengkap beserta lampirannya ke LAA Fakultas. Mahasiswa dihimbau untuk menghubungi Dosen Wali dan Kaprodi terkait approval pengajuan cuti akademik.
  2. Batas akhir pengajuan : 18 September 2020 Mahasiswa yang tidak mengajukan cuti dan tidak melaksanakan registrasi maka ditetapkan sebagai mahasiswa non aktif.

 

Registrasi Bagi yang hanya mengambil Tugas Akhir/Proyek Akhir/Skripsi

  1. Mahasiswa yang lulus Sidang Akademik Kelulusan/Judicium hingga masa berakhirnya PRS (18 September 2020) dibebaskan dari kewajiban registrasi semester Ganjil TA 2020/2021.

 

Registrasi Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa

  1. Bagi mahasiswa penerima beasiswa dapat dikoordinasikan melalui Direktorat Kemahasiswaan. contact center : 0812-1424-2600

 

Registrasi Mahasiswa setelah Mangkir Semester Sebelumnya

Mahasiswa yang tidak melaksanakan pendaftaran ulang selama 1(satu) atau 2(dua) semester, bila pada semester berikutnya yang bersangkutan mendaftar kembali:

  1. Mengajukan permohonan dan menyerahkan surat permohonan aktif dilengkapi dengan rekomendasi dari Dosen Wali yang diperkuat oleh Ketua Program Studi yang ditujukan kepada Direktur Akademik, sebelum masa registrasi dimulai (form permohonan aktif tersedia di LAA Fakultas).
  2. Setelah permohonan registrasi disetujui, maka mahasiswa menyetorkan biaya mangkir registrasi serta biaya pendidikan semester Ganjil TA 2020/2021, salinan/copy Bukti setor tersebut diserahkan ke LAA Fakultas untuk keperluan pembukaan blokir registrasi.

 

Informasi Helpdesk Layanan Adminitrasi Akademik :

Dalam rangka mempermudah proses dukungan proses registrasi dan perwalian mata kuliah Semester Ganjil TA 2020/2021, berikut kami lampirkan informasi contact center :

No Fakultas Contact
1 FTE 0852-2145-9896
2 FRI 0812-2489-2224
3 FIF 0813-2049-4212 / 0812-2173-427
4 FEB 081223464653
5 FKB 0813-2257-7596
6 FIK 081220806369 / 085314940888
7 FIT 081330447137 WA

082216500020 Telp

8 BSLA d.h. BAA 0821-2666-6844  / 0812-2490-6096

 

Comment List

  • Rezky Juli 13, 2020

    maaf bu/pak, untuk link tata cara pembayaran biaya pendidikan nya tidak dapat di akses. mungkin ada kesalahan dalam penulisannya atau bagaimana ya boleh tolong di betulkan? terimakasih sebelumnya..

    • admin BSLA Juli 14, 2020

      Yth Rezky,
      silakan cek di web baa

  • Angga Juli 14, 2020

    Selamat sore bapak/ibu maaf mengganggu. Saya sudah mengambil skripsi di semester sebelumnnya namun pembayaran di Igracias saya masih 6 jt (FKB – Adbis) namun saya hanya mengambil skripsi saja. Saya dengar saya hanya berkewajiba membayar per SKS nya saja? Mohon kejelasan dan bantuannya bapak/ibu. Terimakasih.

    • admin BSLA Juli 16, 2020

      Yth Angga,
      Tarif bpp setiap program studi berbeda-beda, bagi mahasiswa yang HANYA memiliki kewajiban tugas akhir maupun proyek akhir, dapat dikonsultasikan dengan dosen wali untuk besaran tarif sks

      terima kasih

  • Sri Juli 14, 2020

    Maaf bu/pak mau nanya. Yang daftar sidang bulan Juli nanti ini. Apakah harus melakukan pembayaran bpp juga ?

  • Putra Juli 15, 2020

    Permisi ingin bertanya, untuk mahasiswa yang mendaftar sidang saat masa registrasi namun pada kenyataan dinyatakan tidak lulus setelah tanggal perwalian dan batas pencetakan tugas akhir. Apakah ada prosedur khusus agar tidak perlu membayar denda keterlambatan registrasi?

  • Cassey Juli 24, 2020

    Selamat siang.. punten, saya mau bertanya.. saya sedang mengajukan keringanan bpp.. saya sudah bayar termin 1, tetapi jumlah yg saya transfer dgn yang tercantum kok berbeda ya? Kalau ingin mengkonfirmasi lewat mana ya? Soalnya nomor helpdesk keuangan tel-u dua-duanya tidak bisa dihubungi…

  • M Rafif Agustus 4, 2020

    Mohon informasi untuk mahasiswa baru. Menurut kalender akademik, tanggal 10-15 Agustus 2020 adalah Registrasi Maba Tahap 1. Ini registrasi online di Igracias atau onsite? Kemudian tanggal 25-29 Agustus 2020 adalah Perwalian dan Registrasi Maba Tahap 2, kegiatan perwalian secara online atau onsite? Terima kasih

    • admin BSLA Agustus 4, 2020

      Yth M Rafif,
      Untuk semua kegiatan dilaksanakan secara online, terima kasih

Comments are closed.